Rabu, 31 Oktober 2012

SOAL STATISTIKA 2 MEI 2012


UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

 
MATA KULIAH
Hari/Tanggal
Waktu/Sifat           Program/Strata
Dosen
:  DISAIN EKSPERIMEN
:  Kamis,  24 Mei 2012
:  100 menit/ Open Book
:  S2 PEP UNJ
:  Prof. Dr. Djaali/Dr. Kadir, M.Pd.


               

1.   Efektivitas empat metode mengajar, yaitu Inquiri (A1), Penemuan Terbimbing (A2), Ekspositori (A3)  dan Konvensional (A4) terlihat dari skor kemampuan pemecahan masalah matematika keempat kelompok yang diberi metode tersebut selama tiga bulan. Data pemecahan masalah matematika keempat kelompok disajikan sebagai berikut:

    
A1
A2
A3
A4
10
8
8
10
8
8
9
9
9
8
8
8
9
8
8
7
8
8
8
7
8
6
8
7
8
8
7
6
7
7
8
6
8
7
6
7
7
7
6
6
5
7
8
5
5
5
5
6


a.   Buat judul penelitian berdasarkan data di atas!
b.   Susun cara pemilihan kelompok sampel dan sebutkan teknik sampling yang digunakan.
c.   Buat desain penelitian yang cocok dengan variabel penelitian!
d.   Lakukan pengujian hipotesis perbedaan rata-rata dengan langkah-langkah standar dalam Anova -1 Jalan!  Tafsirkan hasil analisis anda!
e.   Lakukan uji lanjut (post hoc test) untuk mengetahui efektivitas antar keempat metode tersebut! Tafsirkan hasil yang anda peroleh!

2.    Data hasil penelitian dengan desain GWT adalah sebagai berikut.
A1
A2
A3
G1
G2
G3
G4
G5
Keterangan:
A1 = Asesmen Portofolio
A2 = Asesmen Kinerja
A3 = Asesmen Konvensional
Y = Kemampuan menulis Naratif



 
G6
10
9
8
9
9
9
9
10
9
  8 
9
9
9
8
8
8
9
9
8
10
7
7
7
6
6
7
7
8
7
7
7
7
6
7
6
7
7
7
7
7
7
5
5
6
5
5
5
4
5
5
6
5
4
6
5
4
5
6
6
6

Pertanyaan:
a.   Buat judul penelitian berdasarkan data di atas!
b.   Susun cara pemilihan kelompok sampel dan sebutkan teknik sampling yang digunakan.
c.   Buat desain penelitian yang cocok yang cocok dengan variabel penelitian!
d.   Lakukan pengujian hipotesis dengan langkah-langkah standar dalam Desain GWT untuk perbedaan rata-rata kemampuan mengarang dengan perlakuan ketiga metode tersebut dengan mempertimbang heterogenitas kelompok-kelompok yang ada.
e.   Lakukan uji lanjut (post hoc test) untuk mengetahui efektivitas antar ketiga bentuk asesmen tersebut! Tafsirkan hasil yang anda peroleh!



3.  Data hasil penelitian
A1B1
A2B1
A1B2
Keterangan:

A   = Pendekatan  Pembelajaran  
A1 = Problem Posing
A2 = Tematik
B   = Kemampuan Berpikir Kreatif
B1 = Tinggi
B2 = Rendah
Variabel Kriterion: (Y)
Kemampuan Koneksi Matematika  





 
A2B2
9
8
8
8
8
8
8
9
8
9
10
9
9
9
9
6
7
7
8
7
7
7
7
8
8
6
6
6
-
-
6
7
6
7
6
6
6
5
6
7
7
7
8
7
-
8
7
7
7
8
8
8
8
8
9
8
9
9
9
8
7

a. Buat judul penelitian berdasarkan data di atas!
b. Susun cara pemilihan kelompok sampel dan sebutkan teknik sampling yang digunakan.
c. Buat desain penelitian yang cocok yang cocok dengan variabel penelitian!
d. Lakukan pengujian hipotesis perbedaan rata-rata dengan langkah-langkah standar dalam Treatment by level design (main effect, interaction effect, dan simple effect).  Tafsirkan hasil analisis anda!
e. Lakukan uji lanjut (post hoc test) untuk mengetahui efektivitas antar keempat perbedaan rata-rata kemampuan koneksi dari kelompok tersebut! Tafsirkan hasil yang anda peroleh dan tuliskan semua kesimpulan saudara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar